Langsung ke konten utama

Himpunan Mahasiwa Perpustakaan dari 17 Perguruan Tinggi Hadir dalam Kongres HMPII




Ketua HMPII Periode 2015-2017 menyerahkan Kenang-kenangan kepada Drs. Muh. Syarif Bando, MM Kepala Perpustakaan Nasional RI

Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia mengadakan Seminar dan Kongres Nasional HMPII VI di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini (17-19 November 2017), dibuka dengan Seminar Nasional yang bertema “Transformasi Perpustakaan sebagai Ruang Literasi dan Pengembangan Masyarakat”. Dalam seminar, HIMAJIP sebagai tuan rumah, menghadirkan Muh. Syarif Bando, MM (Kepala Perpustakaan Nasional RI), Nirwan Ahmad Arsuka (Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia) dan Muh. Quraisy Mathar, S.Sos., M.Hum (Kepala UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar). 

Kongres dan Seminar diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan, Andi Ibrahim, S.Ag, M.Pd, yang menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar. Setelah itu, acara dibuka secara resmi oleh Dr. Abdul Rahman R., M.Ag yang mewakili Dekan Fakultas Adab dan Humaniora.

Seminar Nasional HMPII ini diikuti sebanyak 300-an peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pustakawan dan pegiat literasi. Peserta tampak antusias menyambut para pembicara dan mengajukan pertanyaan. Peserta pun disuguhi dengan seremoni Angngaru’ (sambutan) dan tarian empat etnis Sulawesi Selatan oleh Komunitas Seni Adab (KisSA).    

Delegasi Kongres HMPII dari 17 Perguruan Tinggi
Pada malam hari (17/11/2017), kongres dipusatkan di Aula Sekolah Islam Athirah. Sebanyak 52 delegasi yang berasal dari 17 perguruan tinggi ini mengikuti agenda kongres yang berlansung hingga 19 November 2017. Selain memilih pengurus yang baru, agenda kongres juga mendengarkan laporan pertanggungjawaban Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) yang dinahkodai oleh Arfah. Lalu kongres juga membagas Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta memilih tuan rumah untuk Mukernas, Telminas, Kongres VII, dan pengurus DPP HMPII periode 2017-2019.  

Keputusan yang disepakati dalam kongres ini diantaranya yaitu Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai penyelenggara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), Universitas Indonesia (UI) tuan rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Nasional (Telminas), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang sebagai tuan rumah Kongres Nasional VII.  

Sementara pengurus DPP HMPII yang baru adalah Abdul Rachmat (UIN Alauddin Makassar) sebagai Ketua Umum dan Windi (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris Umum untuk periode 2017-2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perihal Pustaka Bergerak oleh Nirwan Ahmad Arsuka

Saya akan meneruskan di bagian dimana Pak Syarif Bando sudah membuka dengan sangat bagus seminar ini, yakni peran penting pustakawan dan persaingan yang muncul di masa depan.
Rekan-rekan, saingan Anda nanti dalam 10 tahun itu, bukan hanya yang terbaik di Eropa, bukan yang terbaik dari China, atau bukan hanya terbaik dari Amerika. Saingan-saingan Anda masa depan adalah robot-robot dengan kecerdasan buatan, yang sekarang muncul di mana-mana.
Hari ini, kalau Anda membaca media sosial yang bertebaran di mana-mana, yang sering kita ributkan adalah tenaga kerja dari China. Kita meributkan pemimpin-pemimpin atau pengusaha-pengusaha yang berkebangsaan dari China. Tanpa kita sadari, tanpa kita ketahui, sejumlah perubahan besar telah mengintai kita dan memaksa kita untuk melakukan perubahan. Dan perubahan besar yang kita hadapi ini, itu hanya mungkin bisa kita menangkan kalau kita memiliki pengetahuan yang memadai. Pengetahuan yang memadai bisa kita peroleh kalau kita memiliki sistem perpustakaa…

Proposal Kongres Nasional HMPII VI

Salah satu hasil keputusan kongres HMPII ke V di Universitas Padjadjaran Bandung 2015 lalu, memutuskan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menjadi tuan rumah Kongres Nasional HMPII VI. Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar memiliki tanggung jawab atas terlaksananya Kongres Nasional HMPII VI.

Untuk mengunduh proposal KN HMPII VI silahkan klik gambar dibawah ini atau DOWNLOAD PROPOSAL DISINI