Langsung ke konten utama

Himpunan Mahasiwa Perpustakaan dari 17 Perguruan Tinggi Hadir dalam Kongres HMPII




Ketua HMPII Periode 2015-2017 menyerahkan Kenang-kenangan kepada Drs. Muh. Syarif Bando, MM Kepala Perpustakaan Nasional RI

Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia mengadakan Seminar dan Kongres Nasional HMPII VI di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini (17-19 November 2017), dibuka dengan Seminar Nasional yang bertema “Transformasi Perpustakaan sebagai Ruang Literasi dan Pengembangan Masyarakat”. Dalam seminar, HIMAJIP sebagai tuan rumah, menghadirkan Muh. Syarif Bando, MM (Kepala Perpustakaan Nasional RI), Nirwan Ahmad Arsuka (Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia) dan Muh. Quraisy Mathar, S.Sos., M.Hum (Kepala UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar). 

Kongres dan Seminar diawali dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan, Andi Ibrahim, S.Ag, M.Pd, yang menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar. Setelah itu, acara dibuka secara resmi oleh Dr. Abdul Rahman R., M.Ag yang mewakili Dekan Fakultas Adab dan Humaniora.

Seminar Nasional HMPII ini diikuti sebanyak 300-an peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pustakawan dan pegiat literasi. Peserta tampak antusias menyambut para pembicara dan mengajukan pertanyaan. Peserta pun disuguhi dengan seremoni Angngaru’ (sambutan) dan tarian empat etnis Sulawesi Selatan oleh Komunitas Seni Adab (KisSA).    

Delegasi Kongres HMPII dari 17 Perguruan Tinggi
Pada malam hari (17/11/2017), kongres dipusatkan di Aula Sekolah Islam Athirah. Sebanyak 52 delegasi yang berasal dari 17 perguruan tinggi ini mengikuti agenda kongres yang berlansung hingga 19 November 2017. Selain memilih pengurus yang baru, agenda kongres juga mendengarkan laporan pertanggungjawaban Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) yang dinahkodai oleh Arfah. Lalu kongres juga membagas Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta memilih tuan rumah untuk Mukernas, Telminas, Kongres VII, dan pengurus DPP HMPII periode 2017-2019.  

Keputusan yang disepakati dalam kongres ini diantaranya yaitu Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai penyelenggara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas), Universitas Indonesia (UI) tuan rumah Temu Ilmiah Mahasiswa Nasional (Telminas), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang sebagai tuan rumah Kongres Nasional VII.  

Sementara pengurus DPP HMPII yang baru adalah Abdul Rachmat (UIN Alauddin Makassar) sebagai Ketua Umum dan Windi (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris Umum untuk periode 2017-2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perihal Pustaka Bergerak oleh Nirwan Ahmad Arsuka

Nirwan Ahmad Arsuka bersama Komunitas Seni Adab Saya akan meneruskan di bagian dimana Pak Syarif Bando sudah membuka dengan sangat bagus seminar ini, yakni peran penting pustakawan dan persaingan yang muncul di masa depan. Rekan-rekan, saingan Anda nanti dalam 10 tahun itu, bukan hanya yang terbaik di Eropa, bukan yang terbaik dari China, atau bukan hanya terbaik dari Amerika. Saingan-saingan Anda masa depan adalah robot-robot dengan kecerdasan buatan, yang sekarang muncul di mana-mana. Hari ini, kalau Anda membaca media sosial yang bertebaran di mana-mana, yang sering kita ributkan adalah tenaga kerja dari China. Kita meributkan pemimpin-pemimpin atau pengusaha-pengusaha yang berkebangsaan dari China. Tanpa kita sadari, tanpa kita ketahui, sejumlah perubahan besar telah mengintai kita dan memaksa kita untuk melakukan perubahan. Dan perubahan besar yang kita hadapi ini, itu hanya mungkin bisa kita menangkan kalau kita memiliki pengetahuan yang memadai. Pengetahuan yang memadai

Sekilas Tentang HMPII

Sedikit sejarah singkat bahwa perlu diketahui pada 24 Oktober 2002 di Jogjakarta yang dihadiri oleh HMJ Ilmu Perpustakaan UGM, BEM-J IPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan HMPSD Perpin Undip yang membentuk FKMPI (Forum Komunikasi Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi) yang dilanjutkan kembali pada FKMPI II pada 25-27 Mei 2003 di Jakarta yang diikuti 12 himpunan namun tidak tercapai kesepakatan. Maka dari itu dibentuk KNMPI (Konggres Nasional Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi) di Unpad pada 2004 yang di ikuti 13 himpunan. Pada tanggal 1 Maret 2004 di Unpad Bandung merupakan tanggal bersejarah yang dilaksanakan pada tanggal 29 Februari - 3 Maret 2004, sebab pada tanggal tersebut adalah awal mula eksistensi mahasiswa perputakaan dan informasi dalam mengembangkan dan memperjuangkan keberadaan profesi pustakawan dan juga ahli informasi.  Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) adalah organisasi mahasiswa perpustakaan dan informasi dari berbagai perguruan ti

Hasil Kongres HMPII Ke-6

Silahkan Unduh pada gambar di bawah ini       Kongres HMPII Ke-6